0812 8462 8080 (Call/WA), Jasa Desain Villa, Jasa Arsitek Villa, Jasa Kontraktor Villa

0812 8462 8080 (Call/WA), Perusahaan Kontraktor TERPERCAYA, Kontraktor Bangunan berGARANSI, Jasa Kontraktor Bangunan,

0812 8462 8080 (Call/WA), Jasa Desain Villa, Jasa Arsitek Villa, Jasa Kontraktor Villa, Bikin Villa, Bangun Villa, Desainer Villa, Jasa Desain Interior Villa, Arsitektur Villa

 

0812 8462 8080 (Call/WA), Jasa Arsitek, Desain Interior Furniture, Kontraktor Bangunan

Bp. Gogot Bimantoko

 

Tips dan trik dalam membangun resort atau villa berkonsep unik dan tematik untuk pribadi atau untuk dijadikan lahan bisnis.

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata resort atau villa? Hem, pastilah yang terbayang adalah sebuah tempat yang nyaman, tenang, dan cocok untuk berlibur. Resort – resort ini biasa kita temukan di tempat – tempat wisata atau di pulau – pulau pribadi yang memang didesain untuk tujuan wisata.

Membangun sebuah resort atau villa di Indonesia sepertinya masih cukup menjanjikan, terutama karena banyaknya spot – spot wisata yang belum banyak dieksplor. Resort ini bisa Anda fungsikan untuk keperluan pribadi, atau bisa juga dijadikan ladang bisnis dengan cara disewakan.

Bagi Anda yang berniat membangun sebuah resort atau villa, entah itu resort pribadi maupun resort untuk bisnis, sebaiknya perhatikan beberapa poin di bawah ini yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memulai pembangunan resort atau villa.

 

 

1. Persiapkan modal yang cukup

Membangun sebuah resort membutuhkan perencanaan yang matang, terutama berkaitan dengan dana atau modal yang harus dikeluarkan. Modal sangat penting untuk diperhitungkan dengan matang terlebih bagi Anda yang ingin membangun resort untuk tujuan bisnis dan bukan untuk kepentingan pribadi. Besaran dana ini bisa disesuaikan dengan tema dan lokasi resort.

 

 

2. Pertimbangkan lokasinya

Sebuah resort biasanya identik dengan tempat untuk berlibur dan menenangkan diri. Untuk itu, kebanyakan resort dibangun di pulau yang masih sepi atau di dekat tempat – tempat wisata, seperti gunung atau pantai. Semakin dekat lokasi resort dengan lokasi wisata, tentu harganya akan semakin mahal. Selain itu, semakin populer tempat wisata tersebut, kemungkinan akan semakin besar dana yang harus Anda siapkan. Meski begitu, tempat wisata yang populer tentu akan menarik lebih banyak wisatawan, sehingga peluang untuk menyewakan resort dengan harga yang tinggi juga lebih besar.

Jangan lupa, pertimbangkan juga keberadaan resort, hotel, motel, atau tempat penginapan lain di sekitar lokasi yang akan Anda jadikan resort. Keberadaan tempat penginapan yang menawarkan hal serupa akan meningkatkan pesaing Anda. Jika Anda tetap ingin membangun resort di lokasi tersebut, tunjukkan poin plus, konsep unik, atau akses khusus yang ditawarkan resort Anda dan tidak bisa ditemui di resort lain.

 

 

3. Pilih dekorasi dan konsep yang tematik

Dalam mendekorasi sebuah resort atau villa, ada baiknya Anda memilih tema atau konsep yang unik dan dekat dengan alam. Hindari pemilihan desain resort yang modern, kontempore, atau minimalis karena konsep semacam ini sudah umum ditemui di rumah – rumah biasa. Sebaiknya, pilih tema yang dekat dengan alam, seperti mendesain ruangan dengan tema dan dekorasi ala pedesaan, etnik, atau ala pantai dengan elemen tropis yang khas.

 

 

4. Perhatikan jumlah kamar dan penataan ruangan

Dalam membangun resort, harap memperhatikan betul penataaan ruangan dan ketersediaan kamar dalam sebuah resort. Menentukan jumlah kamar harus didasari dengan konsep dan tujuan resort itu sendiri, apakah akan didesain dengan konsep privat atau tidak. Jika resort ini merupakan resort privat, tentunya jumlah kamar tak perlu banyak, cukup 2 hingga 3 kamar dalam sebuah resort. Resort privat ini biasanya digunakan oleh pasangan yang ingin berbulan madu atau keluarga kecil yang ingin berlibur.
Sementara resort yang dibangun bukan untuk tujuan privat, sebaiknya buat jumlah ruangan yang lebih banyak, minimal 5. Dengan demikian, resort ini bisa digunakan oleh rombongan wisata atau keluarga besar yang tengah berlibur.

Penataan ruangan merupakan faktor yang tak boleh diindahkan. Penataan ruangan meliputi pemisahaan antara area pribadi seperti kamar tidur dan kamar mandi dengan area yang lebih terbuka seperti ruang tamu, ruang bersantai, ruang menonton TV, atau ruang baca. Kamar mandi sebaiknya ada di setiap kamar tidur, tapi bila tidak memungkinkan, Anda bisa membuat satu kamar mandi di tengah – tengah atau di antara 2 kamar tidur.

Jika terdapat area kosong yang cukup luas, entah di dalam atau di luar ruangan, sebaiknya fungsikan sebagai restoran, mini kafe, atau mini bar. Keberadaan restoran atau mini bar ini sangat dibutuhkan terutama untuk sebuah resort dengan pengunjung yang banyak, jumlah kamar yang banyak, dan tingkat okupansi yang tinggi. Dengan demikian, tamu tidak perlu pergi keluar resort jika mereka ingin menyantap makanan.

 

 

5. Buat lanskap dan taman yang indah di sekeliling resort

Penataan sebuah resort tidak harus difokuskan pada bagian interiornya saja. Bagian ekstrerior, lanskap dan taman juga perlu dibentuk dan dirawat sebaik mungkin. Bahkan, lanskap dan taman inilah yang seharusnya lebih ditekankan, mengingat pengunjung yang berlibur di resort mayoritas lebih sering melakukan kegiatan di luar ruangan ketimbang di dalam ruangan. Buat taman – taman yang indah dengan ditumbuhi bunga atau tanaman yang khas daerah tersebut. Juga, tambahkan patio, ayunan, kursi dan meja taman, hingga lampu taman di sekitarnya agar pengunjung bisa menikmati suasana taman baik di siang maupun malam hari

 

 

6. Urus ijin mendirikan resort pada dinas terkait

Agar tidak bermasalah di kemudian hari, sebaiknya urus segala perijinan yang berkaitan dengan pendirian resort ini pada dinas setempat, terutama jika resort ini dibuat untuk tujuan bisnis. Hal ini demi membuat resort Anda legal. Setelah resort ini didaftarkan pada pihak yang berwenang, kemudian Anda akan diberi nomor pajak sehingga setiap pendapatan yang Anda peroleh dengan menyewakan resort ini akan dikenai pajak

 

 

Bagaimana membuat desain rumah villa yang nyaman? Hiruk pikuk kota yang sangat bising dengan banyak aktivitas yang menyerang setiap hari tentunya membuat Anda sangat lelah dan juga bosan. Hal ini membuat Anda ingin merasakan liburan yang nyaman di tempat yang terhindar dari kebisingan.

Anda mungkin bisa pergi ke pedesaan dengan menyewa sebuah rumah atau pedesaan, namun ini menjadi tidak lagi praktis ketika Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak. Salah satu cara untuk membuat sebuah aset jangka panjang yang bisa Anda berikan untuk keluarga adalah dengan membangun sebuah villa.

 

 

Villa adalah sebuah bangunan, lebih tepatnya rumah beristirahat. Rumah ini biasanya di bangun di wilayah yang sejuk seperti perbukitan dan pegunungan. Kenapa? Karena di semua wilayah tersebut udaranya masih sangat alami dan juga tentunya menyehatkan. Ketika Anda pergi berwisata ke tenpat-tempat tertentu di dataran tinggi, Anda pasti akan menemukan banyak villa di sana.

 

 

Jika Anda memang tertarik untuk memiliki rumah peristirahatan seperti villa, maka Anda perlu mengetahui seperti apa desain rumah villa yang bagus untuk dijadikan sebagai desain yang nyaman. Rumah villa tidak bisa berukuran minimalis. Tipe rumah ini haruslah dibuat dengan cukup besar agar bisa menampung lebih banyak orang. Berikut ini 3 tips mendesain rumah villa dengan tepat.

3 Tips Mendesain Rumah Villa dengan Tepat
1. Suasana alami
Selain karena lokasinya yang dekat dengan alam di pegunungan dan perbukitan. Desain rumah villa juga perlu didesain alami karena fungsinya sebagai hunian untuk liburan. Suasana alami harus lebih Anda tonjolkan pada desain interior rumah. Mulai dari warna dinding rumah, desain lantai, dan juga perabotan yang digunakan untuk mengisi rumah villa tersebut.

Jadikan rumah villa Anda dengan tidak terlalu banyak perabotan di dalamnya. Alasan pertama adalah agar rumah ini bisa memberi Anda area leluasa yang lebih baik. Alasan kedua tentunya karena rumah ini bukan rumah hunian utama. Jadi desainlah dengan perabotan dan barang-barang kebutuhan dasar saja tanpa memenuhinya dengan tambahan lain.

 

 

2. Perbanyak ruangan terbuka

Teras atau aula, atau bahkan balkon akan sangat berguna untuk desain rumah villa. Anda bisa bersantai di teras rumah dan di balkon dengan menikmati secangkir kopi dan memandang pemandangan yang masih alami atau hijau. Ruang terbuka ini juga sangat berguna untuk membiarkan udara segar di luar rumah masuk ke rumah Anda dengan lebih sempurna.

Isilah ruang terbuka ini dengan perabotann kecil saja, seperti satu meja dengan dua kursi. Pilihlah meja dengan kursi yang terbuat dari kayu agar desain alaminya lebih kental terasa di dalam rumah villa Anda. Fungsi lain dari ruang terbuka adalah menyajikan ruangan yang pas untuk rekan kerja Anda. Terkadang projek kerja yang menguntungkan datang dari kesan Anda menjamu rekan kerja di tempat yang pas.

 

 

3. Desain taman yang natural

Buatlah taman luas yang dipenuhi oleh rerumputan dan tanaman terbaik yang bisa Anda rawat. Taman rumah begitu penting karena disinilah sumber kesujukan yang akan Anda terima di dalam rumah. Fungsi dari taman juga bisa Anda jadikan tempat bermain anak Anda dimana mereka mungkin tidak bisa selalu bermain di halaman yang luas saat masih berada di perkotaan.

 

 

Mengapa Membangun Rumah Villa Itu Penting?

Jika Anda ingin membuat hidup Anda di masa tua lebih berharga dan nyaman, salah satu media yang pas untuk itu adalah dengan memiliki rumah villa. Perlu Anda ingat bahwa memiliki sebuah rumah adalah sama dengan memilik sebuah aset jangka panjang. Anda tidak hanya akan mempunyai sebuah bangunan untuk Anda sendiri, tapi juga bisa Anda wariskan ke anak dan cucu Anda kelak ketika mereka membutuhkannya. Itulah alasan-alasan kenapa Anda setidaknya perlu membangun sebuah rumah villa.

 

 

Rumahku Istanaku..sering kita mendengar istilah itu bukan?Desain Rumah merupakan perpaduan nilai seni estetika dan ergonomi. Semua perpaduan aspek perhitungan tehnis desain rumah, tampilan keindahan desain rumah dan ergonomi kemudahan akses dan gerak dari desain rumah dimaksudkan untuk kenyamanan pemilik rumah. Oleh karena itu untuk mendesain sebuah rumah percayakan kepada Jasa Desain Rumah yang berpengalaman dan mempunyai reputasi dalam mendesain sebuah rumah. Cara yang paling mudah dalam menilai sebuah Jasa Desain Rumah adalah dengan melihat hasil-hasil desain rumahnya (Portofolio). Bandingkan Jasa Desain Rumah satu dengan Jasa Desain Rumah lainnya dengan melihat Portofolio-nya. Bagi anda yang belum tahu arti kata Portofolio akan saya jelaskan disini. Portofolio merupakan Galeri Karya dari sebuah Jasa Desain baik itu sebuah organisasi maupun perseorangan. Untuk jasa desain rumah Galeri Karyanya tentu saja berupa Galeri Desain Rumah

0812 8462 8080 (Tsel)
Arsitektur, Desain Interior & Kontraktor
Bp Gogot Bimantoko

Kelebihan Jasa Desain Rumah di tempat kami,

  • Ditunjang oleh Arsitek-Arsitek yang berpengalaman di bidangnya
  • Tarif Jasa Desain Rumah di tempat kami sangat flexible dalam segi biaya sehingga menjangkau semua kalangan (anda sendiri yang menentukan) baik itu bagi anda yang masih baru dan ingin mempunyai sebuah rumah maupun bagi anda yang sudah mempunyai rumah tetapi ingin mempunyai Desain Rumah yang lebih nyaman
  • Paket Jasa Desain Rumah kami sangat flexible dalam segi kebutuhan desain rumah anda baik itu bagi anda yang menginginkan sebuah Jasa Desain Arsitektur lengkap maupun yang sekedar ingin melihat tampilan rumahnya saja (gambar 3D misalnya)
  • Jasa Desain Rumah di tempat kami sifatnya transparan. Hasil Gambar Desain Rumah yang anda dapatkan akan sesuai dengan pembicaraan awal pada saat anda memutuskan memakai Jasa Desain Rumah di tempat kami
  • Hasil Gambar Desain Rumah akan dibuat dalam bentuk buku ukuran A3

Bidang pekerjaan kami, antara lain
1. Jasa Kontraktor Bangunan
2. Jasa Arsitektur Bangunan & Desain Interior
3. Jasa Desain & Bangun Cafe
4. Jasa Desain Apartemen
5. Jasa Bikin Kitchen Set
6. Jasa Bikin Furniture
7. Jasa Desain Interior Kantor
DLL

Kami siap bekerjasama dengan Anda
Hubungi sekarang juga

0812 8462 8080 (Tsel)
Arsitektur, Desain Interior & Kontraktor
Bp Gogot Bimantoko

 

arsitek rumah villa, arsitek villa, arsitek villa bali, arsitek villa di bali, arsitek villa empat, arsitek villa gesell, arsitek villa harga, arsitek villa hari ini, arsitek villa isola, arsitek villa nabila, arsitek villa online, arsitek villa quran, arsitek villa savoye, arsitek villa terbaru, arsitek villa ubud, arsitek villa wanita, arsitek villa xiaomi, arsitek villa yogyakarta, arsitektur rumah villa, arsitektur villa, arsitektur villa bali, arsitektur villa di bali, arsitektur villa isola, arsitektur villa isola bandung, arsitektur villa minimalis, arsitektur villa savoye, desain arsitek villa, desain villa arsitek, gaya arsitektur villa isola, jasa arsitek villa, jasa arsitek villa di bali, jasa arsitek villa, jasa arsitek villa apa, jasa arsitek villa di bali, jasa arsitek villa empat, jasa arsitek villa gesell, jasa arsitek villa harga, jasa arsitek villa hari ini, jasa arsitek villa indonesia, jasa arsitek villa istana, jasa arsitek villa jakarta, jasa arsitek villa murah, jasa arsitek villa nabila, jasa arsitek villa online, jasa arsitek villa surabaya, jasa arsitek villa terbaru, jasa arsitek villa ubud, jasa arsitek villa wajah, jasa arsitek villa wanita, jasa arsitek villa xiaomi, jasa arsitek villa yogyakarta, jasa desain rumah villa, jasa desain villa, jasa desain villa bali, jasa desain villa empat, jasa desain villa gesell, jasa desain villa harga, jasa desain villa hari ini, jasa desain villa kayu, jasa desain villa mewah, jasa desain villa mungil, jasa desain villa nabila, jasa desain villa online, jasa desain villa sederhana, jasa desain villa tropis, jasa desain villa ubud, jasa desain villa wanita, jasa desain villa xiaomi, jasa desain villa xl, jasa desain villa yogyakarta, jasa desain villa youtube, contoh desain denah villa, contoh desain rumah villa, contoh desain villa, contoh desain villa di bali, desain arsitektur villa, desain atap villa, desain balkon villa, desain bangunan villa, desain brosur villa, desain dapur villa, desain denah villa, desain eksterior villa, desain gambar villa, desain interior bangunan villa ruko rumah kantor, desain interior rumah ala villa, desain interior rumah villa, desain interior villa, desain interior villa bali, desain interior villa colonial belanda, desain interior villa kecil, desain interior villa mewah, desain interior villa minimalis, desain jendela villa, desain kamar mandi villa, desain kamar tidur ala villa, desain kamar tidur villa, desain kamar villa, desain kebun villa, desain lantai villa, desain pagar villa, desain pintu gerbang villa, desain pintu villa, desain ruang tamu villa, desain rumah ala villa, desain rumah ala villa bali, desain rumah bergaya villa, desain rumah gaya villa, desain rumah gaya villa bali, desain rumah konsep villa, desain rumah minimalis ala villa, desain rumah minimalis model villa, desain rumah model villa, desain rumah nuansa villa, desain rumah semi villa, desain rumah seperti villa, desain rumah type villa, desain rumah villa 1 lantai, desain rumah villa bali, desain rumah villa bali type 36, desain rumah villa di bali, desain rumah villa di pegunungan, desain rumah villa kayu, desain rumah villa minimalis, desain rumah villa mungil, desain rumah villa pegunungan, desain rumah villa satu lantai mewah, desain rumah villa sederhana, desain rumah villa tropis, desain rumah villa unik, desain taman untuk villa, desain taman villa, desain teras villa, desain villa, desain villa 1 are, desain villa 1 lantai, desain villa 2 are, desain villa 2 lantai, desain villa 2 lantai modern, desain villa alami, desain villa autocad, desain villa bali, desain villa bali 1 lantai, desain villa bali minimalis, desain villa bali modern, desain villa bambu, desain villa cad, desain villa cantik, desain villa dari kayu, desain villa dengan kolam renang, desain villa di bali, desain villa di gunung, desain villa di lahan sempit, desain villa di pegunungan, desain villa di puncak, desain villa di tanah miring, desain villa diatas bukit, desain villa dua lantai, desain villa eropa, desain villa gaya bali, desain villa indah, desain villa jawa, desain villa jepang, desain villa joglo, desain villa kayu, desain villa kayu minimalis, desain villa kayu modern, desain villa kayu sederhana, desain villa kecil, desain villa kecil minimalis, desain villa klasik, desain villa mewah, desain villa mini, desain villa minimalis, desain villa minimalis 1 lantai, desain villa minimalis 2 lantai, desain villa minimalis bali, desain villa minimalis di bali, desain villa minimalis modern, desain villa modern, desain villa modern dengan kolam renang, desain villa mungil, desain villa murah, desain villa panggung, desain villa pantai, desain villa pegunungan, desain villa pinggir pantai, desain villa puncak, desain villa resort, desain villa rumah, desain villa rumah kayu, desain villa satu lantai, desain villa sederhana, desain villa tampak depan, desain villa terbaik, desain villa terbaru, desain villa terbuka, desain villa tradisional, desain villa tropis, desain villa tropis 1 lantai, desain villa tropis modern, desain villa type 45, desain villa type 85, desain villa unik, desain villa xl, design a villa, design a villa house, design entree villa, design facade villa, design for villa, design hotel villa dubrovnik, design in villa, design interior villa bali, design of villa, design of villa house, design of villa houses, design of villa savoye, design own villa, design una villa, design villa bali, design villa classic, design villa comporta, design villa costa blanca, design villa curacao, design villa di bali, design villa eropa, design villa florida, design villa for sale, design villa for sale spain, design villa formentera, design villa france, design villa fuerteventura, design villa garden, design villa gesell, design villa gärde, design villa hamburg, design villa hardwell, design villa house, design villa ibiza, design villa in bali, design villa interior, design villa jaipur, design villa javea, design villa joglo, design villa kecil, design villa landscape, design villa luxury, design villa nederland, design villa noailles, design villa olea, design villa online, design villa pegunungan, design villa plan, design villa puncak, design villa seminyak, design villa sims 4, design villa small, design villa uae, design villa umbrie, design villa unik, design villa zuid frankrijk, design your villa, design your villa online, exterior villa design, foto desain villa, gambar desain rumah villa, gambar desain villa, gambar desain villa bali, gambar desain villa di bali, gambar desain villa kecil, gambar desain villa sederhana, jasa desain rumah villa, jasa desain villa, jasa desain villa bali, konsep desain villa, konsep desain villa savoye, rumah desain villa, rumah desain villa bali, villa architecture design, villa design and decor, villa design and floor plan, villa design and plan, villa design archdaily, villa design architecture, villa design concept, villa design contemporary, villa design egypt, villa design elevation, villa design espagne, villa design espagne location, villa design exterior, villa design floor plan, villa design group, villa design hd, villa design homes, villa design houses, villa design idea, villa design ideas, villa design italian, villa design jurubatuba, villa design layout, villa design nz, villa design on hill, villa design one floor, villa design outside, villa design qatar, villa design software, villa design ubatuba, villa design ubatuba telefone, villa design usa, villa design vila velha, villa design vila velha es, villa design villefranche, villa design villefranche avis, villa design villefranche sur saone, villa design villers pol, villa design wallpaper, villa design with plan, villa design with pool, villa design with swimming pool, villa design zakopane, villa design zerktouni, biaya bikin villa, bikin pasukan coc untuk war big base war apa d base village, bikin villa, bikin villa empat, bikin villa harga, bikin villa nabila, bikin villa queen, bikin villa ubud, bikin villa xiaomi, bikin villa xrd, bikin villa yogyakarta, bangun villa, bangun villa di bali, bangun villa empat, bangun villa gesell, bangun villa ibu hamil, bangun villa murah, bangun villa nabila, bangun villa queen, bangun villa ubud, bangun villa wanita, bangun villa xl, bangun villa yogyakarta, biaya bangun villa, biaya bangun villa di bali, harga bangun villa di bali, jasa bangun villa, kontraktor bangun villa di bali, jasa bangun villa, jasa bangun villa bali, jasa bangun villa empat, jasa bangun villa gesell, jasa bangun villa harga, jasa bangun villa hari ini, jasa bangun villa hk, jasa bangun villa ibu hamil, jasa bangun villa lampung, jasa bangun villa mp3, jasa bangun villa nabila, jasa bangun villa nusa, jasa bangun villa olahraga, jasa bangun villa surabaya, jasa bangun villa ubud, jasa bangun villa wanita, jasa bangun villa xl, jasa bangun villa yogyakarta, kontraktor bangun villa di bali, kontraktor roboh villa nabila, kontraktor villa, kontraktor villa adalah, kontraktor villa bali, kontraktor villa di bali, kontraktor villa empat, kontraktor villa excel, kontraktor villa generator, kontraktor villa gesell, kontraktor villa harga, kontraktor villa indonesia, kontraktor villa jakarta, kontraktor villa nabila, kontraktor villa online, kontraktor villa surabaya, kontraktor villa terbaru, kontraktor villa ubud, kontraktor villa wajah, kontraktor villa xiaomi, kontraktor villa xl, kontraktor villa yogyakarta, kontraktor villa youtube,

Aceh, Aceh Barat Meulaboh, Aceh Barat Daya Blangpidie, Aceh Besar Kota Jantho, Aceh Jaya Calang, Aceh Selatan Tapak Tuan, Aceh Singkil Singkil, Aceh Tamiang Karang Baru, Aceh Tengah Takengon, Aceh Tenggara Kutacane, Aceh Timur Idi Rayeuk, Aceh Utara Lhoksukon, Bener Meriah Simpang Tiga Redelong, Bireuen Bireuen, Gayo Lues Blang Kejeren, Nagan Raya Suka Makmue, Pidie Sigli, Pidie Jaya Meureudu, Simeulue Sinabang, Banda Aceh, Langsa, Lhokseumawe, Sabang, Subulussalam, Sumatera Utara, Asahan Kisaran, Batubara Limapuluh, Dairi Sidikalang, Deli Serdang Lubuk Pakam, Humbang Hasundutan Dolok Sanggul, Karo Kabanjahe, Labuhanbatu Rantau Prapat, Labuhanbatu Selatan Kota Pinang, Labuhanbatu Utara Aek Kanopan, Langkat Stabat, Mandailing Natal Panyabungan, Nias Gunung Sitoli, Nias Barat Lahomi, Nias Selatan Teluk Dalam, Nias Utara Lotu, Padang Lawas Sibuhuan, Padang Lawas Utara Gunung Tua, Pakpak Bharat Salak, Samosir Pangururan, Serdang Bedagai Sei Rampah, Simalungun Raya, Tapanuli Selatan Sipirok, Tapanuli Tengah Pandan, Tapanuli Utara Tarutung, Toba Samosir Balige, Binjai Binjai Kota, Gunungsitoli, Medan, Padangsidempuan, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Tebing Tinggi, Bengkulu, Bengkulu Selatan Kota Manna, Bengkulu Tengah Karang Tinggi, Bengkulu Utara Arga Makmur, Kaur Bintuhan – Kaur Selatan, Kepahiang Kepahiang, Lebong Muara Aman, Mukomuko Mukomuko, Rejang Lebong Curup, Seluma Tais, Jambi, Batanghari Muara Bulian, Bungo Muara Bungo, Kerinci Sungaipenuh, Merangin Bangko, Muaro Jambi Sengeti, Sarolangun Sarolangun, Tanjung Jabung Barat Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Timur Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur, Tebo Muara Tebo, Kota Sungai Penuh Sungai Penuh, Riau, Bengkalis Bengkalis, Indragiri Hilir Tembilahan, Indragiri Hulu Rengat, Kampar Bangkinang, Kuantan Singingi Teluk Kuantan, Pelalawan Pangkalan Kerinci, Rokan Hilir Ujung Tanjung (de juree), Bagan Siapi-api (de facto), Rokan Hulu Pasir Pengaraian, Siak Siak Sri Indrapura, Kepulauan Meranti Selatpanjang, Dumai, Pekanbaru, Sumatera Barat, Agam Lubuk Basung, Dharmasraya Pulau Punjung, Kepulauan Mentawai Tuapejat, Lima Puluh Kota Sarilamak, Padang Pariaman Parit Malintang, Pasaman Lubuk Sikaping, Pasaman Barat Simpang Empat 25px, Pesisir Selatan Painan, Sijunjung Muaro Sijunjung, Solok Arosuka, Solok Selatan Padang Aro, Tanah Datar Batusangkar, Bukittinggi Bukittinggi, Padang Padang, Padangpanjang, Pariaman Pariaman, Payakumbuh Payakumbuh, Sawahlunto Sawahlunto, Solok Solok, Sumatera Selatan, Banyuasin Pangkalan Balai, Kabupaten Empat Lawang Tebing Tinggi, Kabupaten Lahat Lahat, Kabupaten Muara Enim Muara Enim, Kabupaten Musi Banyuasin Sekayu, Kabupaten Musi Rawas Muara Beliti Baru, Kabupaten Ogan Ilir Indralaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir Kota Kayu Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Muaradua, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Martapura, Kota Lubuklinggau, Kota Pagar Alam, Kota Palembang, Kota Prabumulih, Lampung, Kabupaten Lampung Barat Kota Liwa, Kabupaten Lampung Selatan Kalianda (kota), Kabupaten Lampung Tengah Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Timur Sukadana, Kabupaten Lampung Utara Kotabumi, Kabupaten Mesuji, Kabupaten Pesawaran Gedong Tataan, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Tanggamus Kota Agung, Kabupaten Tulang Bawang Menggala, Kabupaten Tulang Bawang Barat Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Way Kanan Blambangan Umpu, Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Kepulauan Bangka Belitung, Kabupaten Bangka Sungai Liat, Kabupaten Bangka Barat Toboali, Kabupaten Bangka Selatan Mentok, Kabupaten Bangka Tengah Koba, Kabupaten Belitung Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung Timur Manggar, Kota Pangkal Pinang, Riau, Kabupaten Bintan Bandar Seri Bentan, Kabupaten Karimun Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Kepulauan Anambas Tarempa, Kabupaten Lingga Daik, Lingga, Kabupaten Natuna Ranai, Bunguran Timur, Kota Batam, Kota Tanjung Pinang, Jawa, Banten, Kabupaten Tangerang Tigaraksa, Kabupaten Serang Ciruas, Kabupaten Lebak Rangkasbitung, Kabupaten Pandeglang Pandeglang, Kota Tangerang, Kota Serang, Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan Ciputat, Jawa Barat, Kabupaten Bandung Soreang, Kabupaten Bandung Barat Ngamprah, Kabupaten Bekasi Cikarang, Kabupaten Bogor Cibinong, Kabupaten Ciamis Ciamis, Kabupaten Cianjur Cianjur, Kabupaten Cirebon Sumber, Kabupaten Garut Garut, Kabupaten Indramayu Indramayu, Kabupaten Karawang Karawang, Kabupaten Kuningan Kuningan, Kabupaten Majalengka Majalengka, Kabupaten Purwakarta Purwakarta, Kabupaten Subang Subang, Kabupaten Sukabumi Pelabuanratu, Kabupaten Sumedang Sumedang, Kabupaten Tasikmalaya Singaparna, Kota Bandung Bandung, Kota Banjar Banjar, Kota Bekasi Bekasi, Kota Bogor Bogor, Kota Cimahi Cimahi, Kota Cirebon Cirebon, Kota Depok Depok, Kota Sukabumi Cisaat, Kota Tasikmalaya Tasikmalaya, DKI Jakarta, Kepulauan Seribu Pulau Pramuka, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jawa Tengah, Kabupaten Banjarnegara Banjarnegara, Kabupaten Banyumas Purwokerto, Kabupaten Batang Batang, Kabupaten Blora Blora, Kabupaten Boyolali Boyolali, Kabupaten Brebes Brebes, Kabupaten Cilacap Cilacap, Kabupaten Demak Demak, Kabupaten Grobogan Purwodadi, Kabupaten Jepara Jepara, Kabupaten Karanganyar Karanganyar, Kabupaten Kebumen Kebumen, Kabupaten Kendal Kendal, Kabupaten Klaten Klaten, Kabupaten Kudus Kudus, Kabupaten Magelang Mungkid, Kabupaten Pati Pati, Kabupaten Pekalongan Kajen, Kabupaten Pemalang Pemalang, Kabupaten Purbalingga Purbalingga, Kabupaten Purworejo Purworejo, Kabupaten Rembang Rembang, Kabupaten Semarang Ungaran, Kabupaten Sragen Sragen, Kabupaten Sukoharjo Sukoharjo, Kabupaten Tegal Slawi, Kabupaten Temanggung Temanggung, Kabupaten Wonogiri Wonogiri, Kabupaten Wonosobo Wonosobo, Kota Magelang, Kota Pekalongan, Kota Salatiga, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Tegal, Jawa Timur, Kabupaten Bangkalan Bangkalan, Kabupaten Banyuwangi Banyuwangi, Kabupaten Blitar Kanigoro, Kabupaten Bojonegoro Bojonegoro, Kabupaten Bondowoso Bondowoso, Kabupaten Gresik Gresik, Kabupaten Jember Jember, Kabupaten Jombang Jombang, Kabupaten Kediri Kediri, Kabupaten Lamongan Lamongan, Kabupaten Lumajang Lumajang, Kabupaten Madiun Madiun, Kabupaten Magetan Magetan, Kabupaten Malang Kepanjen, Kabupaten Mojokerto Mojokerto, Kabupaten Nganjuk Nganjuk, Kabupaten Ngawi Ngawi, Kabupaten Pacitan Pacitan, Kabupaten Pamekasan Pamekasan, Kabupaten Pasuruan Pasuruan, Kabupaten Ponorogo Ponorogo, Kabupaten Probolinggo Kraksaan, Kabupaten Sampang Sampang, Kabupaten Sidoarjo Sidoarjo, Kabupaten Situbondo Situbondo, Kabupaten Sumenep Sumenep, Kabupaten Trenggalek Trenggalek, Kabupaten Tuban Tuban, Kabupaten Tulungagung Tulungagung, Kota Batu, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Kota Surabaya, Yogyakarta, Kabupaten Bantul Bantul, Kabupaten Gunung Kidul Wonosari, Kabupaten Kulon Progo Wates, Kabupaten Sleman Sleman, Kota Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur Barat, Bali, Kabupaten Badung Badung, Kabupaten Bangli Bangli, Kabupaten Buleleng Singaraja, Kabupaten Gianyar Gianyar, Kabupaten Jembrana Negara, Kabupaten Karangasem Karangasem, Kabupaten Klungkung Klungkung, Kabupaten Tabanan Tabanan, Kota Denpasar, Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Bima Raba, Kabupaten Dompu Dompu, Kabupaten Lombok Barat Mataram, Kabupaten Lombok Tengah Praya, Kabupaten Lombok Timur Selong, Kabupaten Lombok Utara Tanjung, Kabupaten Sumbawa Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa Barat Taliwang, Kota Bima, Kota Mataram, Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Alor Kalabahi, Kabupaten Belu Atambua, Kabupaten Ende Ende, Kabupaten Flores Timur Larantuka, Kabupaten Kupang Kupang, Kabupaten Lembata Lewoleba, Kabupaten Manggarai Ruteng, Kabupaten Manggarai Barat Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Timur Borong, Kabupaten Ngada Bajawa, Kabupaten Nagekeo Mbay, Kabupaten Rote Ndao Baa, Kabupaten Sabu Raijua Seba, Kabupaten Sikka Maumere, Kabupaten Sumba Barat Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat Daya Tambolaka, Kabupaten Sumba Tengah Waibakul, Kabupaten Sumba Timur Waingapu, Kabupaten Timor Tengah Selatan Soe, Kabupaten Timor Tengah Utara Kefamenanu, Kota Kupang Kupang, Kalimantan, Kalimantan Barat, Kabupaten Bengkayang Bengkayang, Kabupaten Kapuas Hulu Putussibau, Kabupaten Kayong Utara Sukadana, Kabupaten Ketapang Ketapang, Kabupaten Kubu Raya Sungai Raya, Kabupaten Landak Ngabang, Kabupaten Melawi Nanga Pinoh, Kabupaten Pontianak Mempawah, Kabupaten Sambas Sambas, Kabupaten Sanggau Sanggau, Kabupaten Sekadau Sekadau, Kabupaten Sintang Sintang, Kota Pontianak, Kota Singkawang, Kalimantan Selatan, Kabupaten Balangan Paringin, Kabupaten Banjar Martapura, Kabupaten Barito Kuala Marabahan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Utara Amuntai, Kabupaten Kotabaru Kotabaru, Kabupaten Tabalong Tanjung, Kabupaten Tanah Bumbu Batulicin, Kabupaten Tanah Laut Pelaihari, Kabupaten Tapin Rantau, Kota Banjarbaru Banjarbaru Kota, Kota Banjarmasin Banjarmasin, Kalimantan Tengah, Kabupaten Barito Selatan Buntok, Kabupaten Barito Timur Tamiang, Kabupaten Barito Utara Muara Teweh, Kabupaten Gunung Mas Kuala Kurun, Kabupaten Kapuas Kuala Kapuas, Kabupaten Katingan Kasongan, Kabupaten Kotawaringin Barat Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Timur Sampit, Kabupaten Lamandau Nanga Bulik, Kabupaten Murung Raya Purukcahu, Kabupaten Pulang Pisau Pulang Pisau, Kabupaten Sukamara Sukamara, Kabupaten Seruyan Kuala Pembuang, Kota Palangka Raya, Kalimantan Timur, Kabupaten Berau Tanjungredep, Kabupaten Bulungan Tanjungselor, Kabupaten Kutai Barat Sendawar, Kabupaten Kutai Kartanegara Tenggarong, Kabupaten Kutai Timur Sangatta, Kabupaten Malinau Malinau, Kabupaten Nunukan Nunukan, Kabupaten Paser Tanah Grogot, Kabupaten Penajam Paser Utara Penajam, Kabupaten Tana Tidung Tideng Pale, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kota Samarinda, Kota Tarakan, Sulawesi, Gorontalo, Kabupaten Boalemo Marisa/Tilamuta, Kabupaten Bone Bolango Suwawa, Kabupaten Gorontalo Gorontalo, Kabupaten Gorontalo Utara Kwandang, Kabupaten Pohuwato Marisa, Kota Gorontalo, Sulawesi Selatan, Kabupaten Bantaeng Bantaeng, Kabupaten Barru Barru, Kabupaten Bone Watampone, Kabupaten Bulukumba Bulukumba, Kabupaten Enrekang Enrekang, Kabupaten Gowa Sunggu Minasa, Kabupaten Jeneponto Jeneponto, Kabupaten Kepulauan Selayar Benteng, Kabupaten Luwu Palopo, Kabupaten Luwu Timur Malili, Kabupaten Luwu Utara Masamba, Kabupaten Maros Maros, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Pangkajene, Kabupaten Pinrang Pinrang, Kabupaten Sidenreng Rappang Sidenreng, Kabupaten Sinjai Sinjai, Kabupaten Soppeng Watan Soppeng, Kabupaten Takalar Takalar, Kabupaten Tana Toraja Makale, Kabupaten Toraja Utara Rantepao, Kabupaten Wajo Sengkang, Kota Makassar, Kota Palopo, Kota Parepare, Sulawesi Tenggara, Kabupaten Bombana Rumbia, Kabupaten Buton Bau-Bau, Kabupaten Buton Utara Buranga, Kabupaten Kolaka Kolaka, Kabupaten Kolaka Utara Lasusua, Kabupaten Konawe Unaaha, Kabupaten Konawe Selatan Andolo, Kabupaten Konawe Utara Wanggudu, Kabupaten Muna Raha, Kabupaten Wakatobi Wangi-Wangi, Kota Bau-Bau, Kota Kendari, Sulawesi Tengah, Kabupaten Banggai Luwuk, Kabupaten Banggai Kepulauan Banggai, Kabupaten Buol Buol, Kabupaten Donggala Donggala, Kabupaten Morowali Bungku, Kabupaten Parigi Moutong Parigi, Kabupaten Poso Poso, Kabupaten Tojo Una-Una Ampana, Kabupaten Toli-Toli Toli-Toli, Kabupaten Sigi Sigi Biromaru, Kota Palu, Sulawesi Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Boroko, Kabupaten Kepulauan Sangihe Tahuna, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Ondong Siau, Kabupaten Kepulauan Talaud Melonguane, Kabupaten Minahasa Tondano, Kabupaten Minahasa Selatan Amurang, Kabupaten Minahasa Tenggara Ratahan, Kabupaten Minahasa Utara Airmadidi, Kota Bitung, Kota Kotamobagu, Kota Manado, Kota Tomohon, Sulawesi Barat, Kabupaten Majene Majene, Kabupaten Mamasa Mamasa, Kabupaten Mamuju Mamuju, Kabupaten Mamuju Utara Pasangkayu, Kabupaten Polewali Mandar Polewali, Maluku, Kabupaten Buru Namlea, Kabupaten Buru Selatan Namrole, Kabupaten Kepulauan Aru Oobo, Kabupaten Maluku Barat Daya Tiakur, Kabupaten Maluku Tengah Masohi, Kabupaten Maluku Tenggara Tual, Kabupaten Maluku Tenggara Barat Saumlaki, Kabupaten Seram Bagian Barat Dataran Hunipopu, Kabupaten Seram Bagian Timur Dataran Hunimoa, Kota Ambon, Kota Tual, Maluku Utara, Kabupaten Halmahera Barat Jailolo, Kabupaten Halmahera Tengah Weda, Kabupaten Halmahera Utara Tobelo, Kabupaten Halmahera Selatan Labuha, Kabupaten Kepulauan Sula Sanana, Kabupaten Halmahera Timur Maba, Kabupaten Pulau Morotai Morotai Selatan, Kota Ternate Ternate, Kota Tidore Kepulauan Soasiu, Papua, Kabupaten Asmat Agats, Kabupaten Biak Numfor Biak, Kabupaten Boven Digoel Tanah Merah, Kabupaten Deiyai Tigi, Kabupaten Dogiyai Kigamani, Kabupaten Intan Jaya Sugapa, Kabupaten Jayapura Sentani, Kabupaten Jayawijaya Wamena, Kabupaten Keerom Waris, Kabupaten Kepulauan Yapen Serui, Kabupaten Lanny Jaya Tiom, Kabupaten Mamberamo Raya Burmeso, Kabupaten Mamberamo Tengah Kobakma, Kabupaten Mappi Kepi, Kabupaten Merauke Merauke, Kabupaten Mimika Timika, Kabupaten Nabire Nabire, Kabupaten Nduga Kenyam, Kabupaten Paniai Enarotali, Kabupaten Pegunungan Bintang Oksibil, Kabupaten Puncak Ilaga, Kabupaten Puncak Jaya Kotamulia, Kabupaten Sarmi Sarmi, Kabupaten Supiori Sorendiweri, Kabupaten Tolikara Karubaga, Kabupaten Waropen Botawa, Kabupaten Yahukimo Sumohai, Kabupaten Yalimo Elelim, Kota Jayapura, Papua Barat, Kabupaten Fakfak Fakfak, Kabupaten Kaimana Kaimana, Kabupaten Manokwari Manokwari, Kabupaten Maybrat Kumurkek, Kabupaten Raja Ampat Waisai, Kabupaten Sorong Sorong, Kabupaten Sorong Selatan Teminabuan, Kabupaten Tambrauw Fef, Kabupaten Teluk Bintuni Bintuni, Kabupaten Teluk Wondama Rasiei, Kota Sorong, Bantar Gebang Bekasi, Pondok Hijau, Medan Satria, Bintara, Jatiasih, Pondok Gede, Rawalumbu, Pekayon, Narogong, Galaksi Bekasi, Caman Bekasi, Cakung, Harapan Indah Bekasi, Pondok Ungu Bekasi, Wisma Asri Bekasi, Babelan Bekasi, Pondok Kelapa, Jatiwaringin, Pondok Kopi, Gambir, Cideng, Petojo Utara, Bendungan Hilir, Kebon Kacang, Senayan Jakarta, Menteng Jakarta, Cikini, Senen, Kwitang, Cempaka Putih Jakarta, Gondangdia, Matraman, Rawasari Jakarta, Gunung Sahari Jakarta, Kemayoran Jakarta, Pasar Baru Jakarta, Mangga Dua Jakarta, Tanjung Priok, Sunter Agung, Ancol, Pluit Jakarta, Marunda, Pisangan Baru, Utan Kayu, Kayu Putih Jakarta, Rawamangun Jakarta, Cipinang Jakarta, Jatibening, Jatinegara Jakarta, Pulo Gadung Jakarta, Koja, Kampung Melayu, Pondok Bambu, Duren Sawit, Pondok Kelapa, Pondok Kopi, Klender, Kramat Jati, Cawang, Cililitan, Halim Perdanakusuma Jakarta, Cakung, Pulogebang, Jatinegara, Kramat Pela, Petogogan, Gandaria, Cipete, Grogol, Manggarai, Setiabudi Jakarta, Karet Semanggi Jakarta, Cengkareng, Tomang, Kalideres, Kedoya, Kebon Jeruk, Joglo Jakarta, Glodok, Pinangsia, Mangga Besar, Beji Depok, Cipayung, Sukmajaya Depok, Cibinong, Cilodong, Limo Depok, Cinere, Cimanggis, Tapos Depok, Sawangan Depok, Parung Depok, Pondok Cabe, Pamulang, Cinangka, Gandul, Cileungsi, Cibubur, Sentul, Cikeas, Hutan Pinus Bogor, Puncak Bogor, Sentul Bogor, Bukit Pelangi Bogor, Rainbow Hills Bogor, Jungleland Bogor, Gunung Pancar, Mekarsari Bogor, Cisarua, Ciomas, Citayam, Taman Yasmin Bogor, Pajajaran Bogor, Sukasari Bogor, Baranang Siang, Jambu Dua Bogor, Bukit Cimanggu Bogor, Ciseeng, Batu Ceper, Benda Tangerang, Cibodas, Ciledug, Cipondoh, Jatiuwung, Karangtengah, Karawaci, Larangan, Neglasari, Periuk Tangerang, Pinang, Kosambi Tangerang, Serpong Tangerang, Ciputat, BSD Tangerang, Alam Sutera, Bumi Serpong Damai, Neglasari, Citra Indah, Cileungsi, Kota Wisata Cibubur, Cibubur, Ciracas, Kampung Rambutan, Lubang Buaya, Cipayung, Cilangkap, Cipulir, Kebayoran Lama, Jelambar, Kebayoran Baru, Pondok Pinang, Pondok Indah, Bintaro, Cilandak, Lebak Bulus, Pondok Labu, Pejaten, Pasar Minggu Jakarta, Ragunan, Jonggol, Kalimalang, Jagakarsa, Ciganjur, Cipedak, Srengseng Sawah, Kuningan Jakarta, Mampang Prapatan, Bangka Jakarta, Pancoran Jakarta, Tebet, Pantai Indah Kapuk, Antasari, Blok M S, Fatmawati, Rasuna Said, Kelapa Gading, Puri Indah, Petamburan, Pulomas, Summarecon Bekasi, Summarecon Serpong, Kemang Jakarta, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Bogor Barat, Bogor Timur, Bogor Utara, Bogor Selatan, Kemang Jakarta, Bekasi Timur, Bekasi Utara, Bekasi Selatan, Bekasi Barat, Cibitung, Cikarang, Tambun Utara, Tambun Selatan, Cikampek, Lemah Abang, Karawang, Delta Mas, Purwakarta, Depok, Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Cianjur, Serang, Pandeglang, Banten, Merak, Anyer, Cilegon,